Home / Semua Kategori / Dialog Publik “Jaga Budaya kita Siri Na’ Pacce Siapakatau, Sipakainga, Sipakalebbi”

Dialog Publik “Jaga Budaya kita Siri Na’ Pacce Siapakatau, Sipakainga, Sipakalebbi”

Makassar – SULSELNEWS.COM,- Ditengah Aksi demo yang ramai di kota makassar. Markas Komando Penjuang Merah Putih (KPMP) Melakukan dialog publik. Menghadirkan Mantan Walikota Makassar 2004 – 2014 Dr. H. Ilham Arif Sirajudin, Raja Tallo Ke XIX Muh. Akbar Amir Dengan Moderator Abd. Halim Selaku Ketua KPMP Kota Makassar.

Rabu (07/10) bertempat di Warkop Merah Putih Jalan Toddopuli (Markas KPMP). Dialog yang di hadir aktifis NGO Andi Noer Alim (Bongkar) Ketua LMPI Mada SULSEL, Jamal Betel, dan banyak lagi terlihat dari lintas NGO. Juga hadir awak media dari cetak maupun online.

Dialog yang dikemas sederhana dengan Tema “Jaga Budaya kita Siri Na’ Pacce Siapakatau, Sipakainga, Sipakalebbi”. Tema yang sangat Seksi di pilkada kota makassar. Ilham mantan Walikota dua periode sebagai pembicara utama suasana silaturahmi siang hari ini saya mendapat kesempatan hadir sekaligus bersilaturahmi dan berdiskusi dengan tema yang disampaikan oleh kpmp Siri na pacce terkait dengan kultur budaya Bugis Makassar Toraja Dan Mandar.
Sipakatau, sipakainge sipakalebbi itulah komitmen yang melekat di masyarakat Sulawesi Selatan, bahwa ada rasa malu yang pedas, yang siri itu malu kira-kira seperti itu terjemahannya. Yang ketika kita melakukan sesuatu yang kemudian tidak sesuai dengan kultur budaya kita ini.

Jadi memilih walikota Makassar harus memilih pemimpin yang punya kultur sir na pacce. Artinya kalau orang punya komitmen terhadap kultur budaya adat istiadat maka ia mesti menjaga itu.

Sementara menurut raja tallo saya hadir ditempat ini dan kita bisa bersama-sama tidak lain karena ada siri na pacce. Di tahun 2009 saya juga perna mau jadi calon walikota karena ada rasa Siri na pacce. Dengan Calon walikota saya sering bercanda dengan calon kandidat katakan 4 calon saya mau bertanya kepada para calon Apakah mereka ini punya sirinapacce di dalam dirinya. Jangan mendukung orang yang tidak memiliki jiwa Makassar apalagi tidak ada siri na pacce pada dirinya.

Sulawesi Selatan Ini punya 4 suku Makassar Bugis Mandar Toraja. Jadi Siri Na Pacce itu adalah salah satu ciri khas yang dipakai oleh orang Sulawesi Selatan. Kalau orang yang sudah pernah membuat melakukan Gaul kan. Menjadi Walikota orang Makassar setidak-tidaknya kau memahami di mana kamu berdiri di situ kau Junjung langitnya, Di mana kau berdiri di situ adatnya kau Junjung Oleh karena itu saya juga akan menantang seluruh walikota anda terpilih Apakah anda mampu menandatangani situs cagar budaya di Makassar yang ada di kota Makassar. Karena belum ada Walikota satupun yang pernah dipilih di Makassar berani menandatangani rekomendasi situs cagar budaya yang ada di Sulawesi Selatan terkhusus Kota Makassar tergilas oleh pembangunan kota dan percepatan pembangunan ikon Kota Makassar. Adakah cerita orang Bugis Makassar Mandar Toraja komitmen Siri na pacce terkuat memberikan sesuatu yang baik bagian-bagian dari orang yang akan dihormati tapi kita tidak menghargai yang melakukan komitmen pendekatannya dengan kultur budayanya.

Mari tetap kita jaga Siri Na Pacce, termasuk dalam memilih calon pemimpin. pilih yang tau jaga silaturahmi dan punya rasa siri na pacce. Kita lanjutkan pada diskusi berikut tutup moderator,**

Penulis : A.M.Rizal

About sulsel

Check Also

Komplotan Polisi Gadungan Marahi Polisi Benaran, Berikut Kronologinya

Jakarta – SULSELNEWS.COM,- Polisi berhasil amankan kelima pemuda, usai melakukan pemerasan dengan modus berpura – …