Januari 16, 2021

sulselnews.com

Informasi Aktual dan Berimbang

Dirjen Vokasi Beri Perhatian Khusus SMK Di SULSEL

1 min read
Dirjen Vokasi bersama Plt. Kadisdik Provinsi SULSEL

Jogjakarta РSULSELNEWS.COM,- Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), Wikan Sakarianto, S.T.M.Sc.Ph.D, beri perhatian khusus Sulsel terutama percepatan Bidang Pendidikan  Menengah Kejuruan.

Hal tersebut disampaikan, Sakarianto saat buka Rakor Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan 2020, di  Jogyakarta, Rabu (29/7).

Menurut, Sakarianto, dengan memberikan perhatian khusus bagi SMK Kejuruan di Sulsel terkait revolusi industri 4.0. karena berdampak terhadap struktur kebutuhan ketenagakerjaan seluruh sektor pembangunan,  penggunanaan sistem otomasi, robotik dana kecerdasan buatan menggantikan sejumlah sejumlah besar tenaga operator terampil yang pada umumnya lulusan SMK.

Hal ini juga sejalan dedngan pembangunan otonomis pemerintah yang dilakukan di seluruh pelosok daerah  sangat mempengaruhi dinamika kebutuhan dan struktur kebutuhan tenaga kerja secara nasional.

Sementara, Plt. Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel Basri yang ikut serta dalam Rakor Bidang Pendidikan Menengah  Kejuruan Kemendikbud menegaskan, kalau perhatian besar dari Dirjen Vokasi Kemendiknas terhadap 164 SMK  Negeri dan 331 SMAN sejurus visi misi Gubernur Sulsel,Nurdin Abdullah, M.Agr.

Diantaranya, percepat terwujudnya penerapan dan penempatan sistem vokasi bagi SMK Kejuruan di Sulsel yang  sesuai dengan kebutuhan pasar industri dan kebutuhan masyarakat.

Menurut Basri, pihaknya sangat bersyukur karena Sulsel mendapat perhatian khusus dari Dirjen Vokasi  Kemendiknas, disusul oleh Direktur SMK Dirjen Vokasi Kemdikbud RI, Dr. Ir.M. Bakrum, M.M..

Dengan penegasan pihak Dirjen Vokasi Kemendiknas menunjukkan, Sulsel mendapat perhatian khusus dari
pemerintah pusat terkait akselerasi SMK Negeri di Sulsel sesuai dengan visi dan misi Gubernur Sulsel, membuka  sekolah kejuruan negeri sesuai dengan kebutuhan masyarakat Sulsel.(rls)