April 20, 2021

sulselnews.com

Informasi Aktual dan Berimbang

Mari Ciptakan kesadaran kolektif untuk melawan Covid-19

3 min read

Makassar – SULSELNEWS.COM,- Seperti dua sisi yang saling berkejaran antara kebaikan dan keburukan antara pelayanan dan dukungan, pemerintah bergegas melakukan program penanganan covid-19 dengan segala dimensi programnya. Ada progress maka perlu anggaran yang harus disiapkan saling berkejaran dengan harapan dan tuntutan masyarakat. Agar penanganan ini dilakukan secara serius, bersungguh sungguh karena yang terdampak bukan hanya yang positif, ODP, PDP. Tapi bahkan yang terdampak lebih banyak adalah mereka yang memiliki pekerjaan harian mulai karyawan, pabrik, toko, mall, hotel, rumah makan, distributor aneka jualan dan lainnya. Pokoknya dampak corona bukan lagi yang mengalami sakit atau yang terpapar virus tapi lebih serius dan mengancam harmonisasi kehidupan. Mereka yang kehilangan pekerjaan, kehilangan penghasilan dan bahkan yang punya cicilan yang wajib di bayar setiap bulannya, sungguh dampak covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat. Sudah memasuki bulan ketiga ini sangatlah terasa, social and physical distancing dan stay at home, work from home, study at home yang ditaati oleh hampir seluruh masyarakat. Bukan tanpa dampak tapi bahkan sangat berdampak dari berbagai aspek kehidupan, dampak psikologis masyarakat sangat ketakutan jangan jangan saya dan keluarga saya yang kena jadi mereka khawatir, yang kedua secara psikologis tertekan karena di rumah terus, bosan, jenuh bahkan stress.

Sejatinya mereka adalah mahluk sosial yang butuh berinteraksi sosial setiap saat, jadi dari kondisi psikologis ini akhirnya masyarakat menaruh harapan besar kepada pemerintah agar badai covid-19 ini segera berlalu. Dan tentu harapan ini dicermati secara seksama setiap waktu oleh warga masyarakat baik dari segi penanganan medis bagi terpapar maupun program social safety net atau program jaring pengaman sosial pemerintah, hampir seluruh masyarakat mencermati itu dengan seksama.

Harapan pemerintah kepada masyarakat agar taat mengikuti aturan dan himbauan yang ada melalui PSBB. Dengan harapan besar masyarakat agar pemerintah menyantuni masyarakat dengan berbagai bantuan, sembako, kemudahan dalam membayar cicilan dan bahkan kompensasi pendapatan yang selama ini didapatkan. Ini menjadi hilang dengan adanya covid-19, pada kutub ini diperlukan sinergisitas yang tinggi antara pemerintah dan masyarakat.

Masyarakat harus percaya kepada tugas pemerintah dan pemerintah juga harus bisa menjamin keluhan masyarakat bisa dapat teratasi dengan baik dan memuaskan, jangan malah sebaliknya pemerintah mengatakan ” Karena warga masyarakat bandel tidak taat peraturan. Maka PSBB akan diperpanjang, padahal pada Sisi yang lain pun masyarakat menuduh pemerintah tidak siap, tidak peka bahkan tidak bisa mengantisipasi dampak covid-19, terutama menumbuhkan kesadaran untuk taat atas aturan PSBB. Jika hal ini terjadi terus menerus maka saya sangat yakin wabah Covid -19 ini akan lama bertahan lama karena ketidak paduan antara pemerintah dan masyarakat dalam bersatu melawan covid-19. Sesungguhnya pemerintah harus bisa bersikap adil, bijaksana dan transparan bahkan toleran atas tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang perannya sangat diperlukan. Untuk menciptakan kondisi agar bisa melawan wabah covid-19 berilah mereka sambako, berilah mereka pengganti penghasilan, bahkan berilah mereka rasa aman, rasa nyaman dan bahkan rasa kepercayaan. Sehingga masyarakat bisa dengan tenang stay at home dengan baik dan disiplin, pemerintah harus bisa hadir dengan tegas bahkan tedeng aling aling bagi mereka yang melanggar aturan PSBB. Tapi buat mereka betah dan sabar di rumah dengan memperlihatkan kinerja yang baik dan terukur. Jangan biarkan dan jangan berikan ruang kepada warga untuk teriak, marah bahkan mencela pemerintah dengan kinerja buruknya, buka mata dan hati warga masyarakat bahwa pemerintah Sudah bekerja keras, Sudah sangat serius menangani covid-19.

Memperlihatkan kinerja yang baik dengan cara jujur, terukur dan transparan. Umumkan secara terbuka bantuan yang disiapkan oleh pemerintah kepada siapa saja bantuan itu di berikan. Apa yang mendasari sehingga mereka mendapatkan bantuan, kenapa tidak semua dapat dan seterusnya sehingga warga masyarakat menjadi legah seraya dapat berdoa dengan khusuk di rumah masing- masing bersama keluarga agar wabah covid-19 ini segera hilang dari negeri tercinta Indonesia. Secara umum dan sulawesi selatan serta kota makassar secara khusus.

JANGAN malah sebaliknya warga masyarakat jadi gaduh, jadi kacau dan bahkan tidak disiplin karena ulah pemerintah yang tidak terukur dan transparan dalam bekeja menangani Covid -19, semoga atas kesadaran kolektif semua pihak badai Covid-19 ini segera berlalu, pergi, hilang dan kembali ke tempat asalnya sehingga kita kembali hidup damai dan sejahtera. Menyongsong hari kemenangan, tetap semangat saudaraku Insya Allah hari hari indah akan bersama kita…..
Makassar Malam 12 Ramadan 1441 H
Gelisah atas musibah Covid -19.

Muhammad Askar,