Januari 24, 2021

sulselnews.com

Informasi Aktual dan Berimbang

PENYAMPAIAN DARI DINAS PENDIDIKAN UNTUK PEJABAT STRUKTURAL & FUNGSIONAL

3 min read

Surat Edaran Dinas Pendidikan

SULSELNEWS.COM – Makassar

Dinas Pendidikan atau Disdik, menyampaikan kepada seluruh pelaku pendidikan di kota Makassar agar setiap orang menanam pohon secara sukarela minimal satu pohon setiap tahun.

Melalui Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Disdik Makassar pada 10 Januari 2019 lalu. Penyampaian ditujukan kepada pejabat struktural dan fungsional kepala sekolah, guru dan pegawai mulai jenjang TK, SD, dan SMP Negeri dalam lingkup dinas pendidikan kota Makassar.

Seperti dikutip, ada 4 jenis pilihan pohon yang ditanam di wilayah kota Makassar, terutama pada areal lingkungan sekolah, rumah dan kantor yakni Pohon Ketapang Kencana, Pohon Pulai, Pohon Mangga dan Pohon Mahoni.

SE bernomor 421/0236/DP/I/2019 ditandatangani oleh Kepala Disdik kota Makassar yang baru, Dr. Abd Rahman Bando, SP M.Si dan di tembuskan kepada Walikota Makassar, Korwas Makassar, Ketua MKKS SMPN dan SMP Swasta, serta Kepala UPTD Pendidikan di tiap Kecamatan.

Kepala SD Tamalanrea 1, Drs. Sabaruddin sangat merespon adanya edaran Disdik. Ia pun mengaku akan mendukung dan mensosialisasikan penanaman pohon kepada guru-guru dan orang tua murid di sekolahnya.

“Sebagai bawahan kami harus merealisasikan program tersebut sebagai bentuk aksi nyata disekolah,” ucap Sabar diruangannya, Senin 7/2/2019.

Berikut deskripsi jenis pohon yang dirangkum dari berbagai sumber :

Foto net

Pohon Pulai

Tanaman Pulai adalah tanaman pohon yang berkayu besar yang sering kita jumpai di sekitar kita. Nama latin tanaman Pulai adalah Alstonia scholaris R. Br.

Ciri-ciri tanaman Pulai adalah pohon yang ukuran besar dengan bentuk daun tersusun melingkar dengan jumlah 4-8 helai. Daunnya mirip daun ketela dengan buah berbentuk panjang. Tanaman pulai banyak tersebar China, Negara-negara di wilayah Asia Selatan, Asia Tenggara, Australia, Kepulauan Solomon.

Fungsi dan kegunaan tanaman Pulai ini, kayunya digunakan sebagai perkakas rumah karena memiliki serat yang halus. Tanaman Pulai juga ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Sumber : tanaman-herbal.blogspot.com

Foto net

Pohon Ketapang Kencana

Ketapang kencana adalah tumbuhan endemik Madagaskar, tapi sekarang diintroduksi ke berbagai daerah tropika. Ketapang kencana semacam tumbuhan peneduh berwujud pohon. Tajuknya yang mendatar dan berlapis-lapis membuatnya juga menjadi penghias taman rumah dan kebun.

Ketapang bisa tumbuh setinggi 35 meter dengan ciri mahkota tegak, simetris serta bercabang horizontal. Tanaman ini punya buah enteng yang terdispersi oleh air, sanggup dimakan sementara matang serta terasa mirip seperti almond.

Makin tua usia pohon, maka mahkota jadi lebih rata maka kelihatan melebar. Uniknya tanaman ketapang punya cabang teratur bertingkat-tingkat.

Sumber : jualpohonketapang.blogspot.com

Foto net

Pohon Mahoni

Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35–40 m dan diameter mencapai 125 cm dengan batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47% – 69% sehingga di sebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air.

Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun. Mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. Buahnya, buah kotak bulat telur berlekuk lima, warnanya cokelat.

Buahnya dilaporkan dapat melancarkan peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran
darah disarankan memakai buah ini sebagai obat. Selain itu, bisa mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam serta bertindak sebagai
antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas.

Mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kekebalan, mencegah pembekuan darah, serta menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah.

Sifat Mahoni dapat bertahan hidup di tanah gersang menjadikan pohon ini banyak ditanam di tepi jalan sebagai peneduh atau pohon pelindung. Walaupun tidak disirami selama berbulan-bulan, mahoni pun masih mampu untuk bertahan hidup.

Sumber: wikipedia.org

Penulis : @RuRi

Editor : Rusli Rifar