Mei 14, 2021

sulselnews.com

Informasi Aktual dan Berimbang

HARI PERS NASIONAL – Matturungan Ingatkan Semua Pihak Hargai Peran Media

2 min read

SULSELNEWS.COM – Makassar

“Selamat Hari Pers, semoga pers dan media semakin bijak, selalu menegakkan independensi dalam menyebar berita dan informasi. Tetaplah menjadi agen kontrol dan bersikap kritis sehingga menjadi masukan konstruktif bagi pemerintah dan semua pihak,” begitulah narasi ucapan selamat Matturungan Dg Sore, S.Pd M.Pd calon anggota DPRD Kota Makassar memaknai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019.

Matturungan menyampaikan, tuntutan dan tantangan insan pers dan media dalam waktu dekat adalah pemilihan umum pileg dan pilpres. Pemilu April nanti kata Matturungan, pers dan media diharap mampu menjaga iklim pesta demokrasi dengan penyajian berita dan informasi optimisme serta mengungkap kebenaran fakta.

Selfi bareng istri saat acara (fb)

Bagi politisi dan parpol kata Matturungan, media massa adalah sarana informasi paling penting dan efektif untuk menginformasikan program dan gagasan maupun arah kebijakan partai. Lantaran itu ungkapnya, selama ini selain melalui medsos, media online dan cetak merupakan ujung tombak untuk menanamkan pengaruh dan meraih kepercayaan masyarakat luas.

Ketua LPM kelurahan Buakana ini mengingatkan semua pihak, agar lebih menghargai peran media baik online, elektronik maupun cetak sebagai pusat pemberi informasi. Menurutnya, semua pihak harus mau memberikan jaminan keamanan dan kebebasan bagi media dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik.

“Dari teman-teman jurnalis sehingga kita sangat terbantu mengatahui informasi dan peristiwa yang sedang hangat. Sekarang ini, informasi tentang pembangunan baik di pusat hingga daerah begitu mudah diketahui lewat pemberitaan media,” ucap alumni magister Universitas Kanjuruan Malang saat ditemui di rumahnya Sabtu, 9/2/2019.

Matturungan dan istri berfoto saat anak sulungnya di wisuda meraih gelar S2 magister. (dok fb)

Kepala sekolah berprestasi tingkat nasional 2013 ini menegaskan, peringatan HPN pada 9 Februari 2019 harus dijadikan momentum terbaik mendorong insan pers dan media terlibat dalam mengawal proses demokrasi yang sedang berlangsung. Dan terus mendorong pers dan media untuk berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertuang dalam UU Pers nomor 40 thn 1999.

“Saya berharap, baik individu maupun institusi pemerintah mulai pusat hingga daerah untuk menjadikan insan pers dan awak media sebagai mitra kerja utama” pinta Matturungan pria kelahiran Galesong 1960.

Penulis : @RuRi
Editor : Rusli Rifar