SULSELNEWS.COM-MAKASSAR 04/01/2019, Komentar yang diberikan oleh Bapak DR. ABD. RAHMAN BANDO, SP.M.Si Kadis Pendidikan Kota Makassar tentang seluk beluk Simulasi UNBK SMP dalam kunjungannya di SMPN 23 Makassar.

Mengatakan bahwa Berdasarkan jadwal simulasi UNBK SMP/ msederajat yang dikeluarkan Mendikbud RI sebanyak 3x maka diharapkan kepada pihak sekolah dan siswa agar dapat memanfaatkan kegiatan tersebut yang bertujuan untuk

1. Pihak sekolah atau penyelenggara UNBK mampu menyiapkan diri sebaik mungkin dalam kondisi sinkronisasi antara server yang dimiliki sekolah dengan sistem jaringan online dari pusat, begitu pula dengan kesiapan komputer atau laptop yang akan digunakan.

2. Pihak siswa agar dapat mengetahui dan memahami mekanisme dan alur didalam membuka, menjawab dan sekaligus mengerjakan berbagai bentuk tingkat kesukaran soal yang akan dikerjakan nanti.

3. Disisi lain, adanya simulasi UNBK ini semua pihak, sekolah, siswa dan orang tua serta komite sekolah dan pihak lainnya yang turut menentukan kesuksesan kegiatan tersebut agar mengambil peran dan tanggung jawab masing-masing, sehingga segala kemungkinan resiko yang muncul dalam simulasi tersebut dapat diatasi dengan solusi yang kreatif dan inovatif.

Berikut jadwal UNBK penting yang perlu diingat Para siswa kelas 12, 9 dan 6.