Mei 14, 2021

sulselnews.com

Informasi Aktual dan Berimbang

Resmi Berubah Jadi Perseroda, Perusda Sulsel Menatap Bisnis Global

2 min read


Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Perusda Sulsel, Ir. H.Taufik Fachruddin

Makassar – SULSELNEWS.COM,- Angin segar berhembus ke tubuh manajemen Perusahaan Daerah (Perusda) Sulsel.

Setelah sekian lama berjuang, DPRD Sulsel akhirnya menyetujui keinginan mereka untuk berubah bentuk menjadi Perseroan Daerah (Perseroda). Persetujuan itu diambil DPRD Sulsel dalam Rapat Paripurna yang digelar virtual di Gedung DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumiharjo, Kamis, 14 Mei 2020. Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika yang memimpin langsung paripurna penetapan status baru Perusda itu. Sementara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah hadir lewat video conference.

Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Perusda Sulsel, Ir. H.Taufik Fachruddin mengucap syukur atas keputusan DPRD itu. “Ini sejarah bagi kita semua dan menjadi pencerminan kuat kita untuk bersama membawa perusahaan yang kita cintai ini terus bisa bersaing dan eksis hingga ke masa depan,” ujarnya.

Perubahan status itu membuat Perseroda Sulsel lebih optimis bisa bersaing bahkan hingga tingkat global. “Ruang gerak kita lebih lebar terutama dalam ekspansi bisnis dan terlebih dari sisi permodalan. Bahkan, kita memungkinkan ke depan bisa mencari modal di lantai bursa hingga bisa bersaing secara global,” tambahnya.

Beberapa persiapan kini tengah dilakukan oleh manajemen untuk beradaptasi dengan perubahan itu. Terutama perubahan cara pengambilan keputusan di tingkat top level manajemen. Dengan status Perseroda maka keputusan tertinggi harus lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan segera harus menunjuk Komisaris dan Direksi definitif.

Gubernur Sulsel sebagai pemegang saham terbesar akan menggelar RUPS untuk menentukan jajaran komisaris dan direksi. Saat ini, top manajemen dikendalikan dua pelaksana tugas direksi yaitu Direktur Utama Ir. Taufik Fachruddin dan Direktur Umum Yosi Nahwi Rasul. Di bawah kendali mereka Perusda Sulsel kini menunjukkan perkembangan yang signifikan. Mereka menunjukkan kinerja positif dengan beberapa ekspansi bisnis yang berani. Selain itu, Perseroda Sulsel juga dimungkinkan untuk berdiri dengan nama baru.**