Sulselnews.com Makassar, 19 Januari 2021
Siswa atas nama Muh. Asri kelas XI IPA 1 dan Irsan kelas XI IPS 1 meraih juara harapan II lomba kegiatan teknologi tepat Guna (LKTTG) tingkat Nasional yang diadakan oleh Yayasan Hang Tuah Pusat dalam rangka menyambut hari ulang tahun yayasan Hang tuah.
Dalam lomba tersebut siswa SMA hang Tuah Makassar menampilkan karya dengan judul Bak Sampah Otomatis, Teknologi bak Sampah Berbasis Internet Of Tings (loT). Fungsi alat ini adalah tempat sampah yang berbasis Internet Of Tings (loT), keunggulan alat ini dapat memonitoring volume sampah yang bisa dilakukan dimana dan kapan saja melalui aplikasi Web.

LKTTG dilaksanakan untuk yang pertama kali di lingkungan sekolah Yayasan Hang Tuah pada tingkat SMA/SMK. Peserta terdiri dari seluruh Cabang Yayasan Hang Tuah, antara lain dari Cabang Surabaya menghadirkan SMA Hang Tuah 1, SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1 dan SMK KAL-2. Cabang Jakarta diwakili oleh SMA Hang Tuah-1 dan SMK Hang Tuah-1. Cabang Belawan dengan SMA Hang Tuah Belawan, SMK Bahari Belawan dan SMK Pelayaran Belawan. Cabang Makasar dengan SMA Hang Tuah Makasar serta Cabang Lampung dengan SMA Hang Tuah Lampung.
Dalam Lomba LKTTG ini Juara Pertama dari SMK KAL-1 Surabaya menampilkan Robot Protokol Kesehatan Covid-19, Juara Kedua dari SMA Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo Jawa Timur dengan Clefer (Cleaning and Disinfectant Sprayer Robot) serta juara ke tiga diraih oleh SMK KAL-2 Surabaya dengan Pengisian Oli Trannision and Final Drive


Dengan dilaksanakan LKTTG Yayasan Hang Tuah berharap, menjadikan satuan pendidikan lebih maju melalui SDM Unggul, dapat meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap perkembangan teknologi tepat guna serta dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi peserta didik di tengah keterbatasan akibat pandemi covid- 19.

afn