SulSelNews.Com – Makassar,  Siswa smk negeri 7 makassar, melakukan kunjungan lapangan /field visit. sebagai tindak lanjut dari proses pembelajaran dalam mata pelajaran pelayanan dan advokasi anak berbasis panti asuhan.

Dalam kunjungan dilakukan pada hari minggu, 21 oktober 2018. Hadir dalam penerimaan oleh ketua panti bapak Salahuddin dan sekretaris Lukman Ismail, sedangkan dari Guru SMK Negeri 7 Makassar langsung diwakili oleh penanggung jawab mata pelajaran bapak Ilham Supiana.

Siswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman secara langsung oleh pembina panti, berupa penjelasan secara langsung tentang proses pelayanan panti. Yang meliputi proses pengasramaan, pelayanan pangan (makan, minum, konsumsi gisi), pelayanan pendidikan, mental, keagamaan, keterampilan, kesehatan, dan rekreasi.

Selain itu juga, siswa diberi kesempatan secara langsung untuk melakukan wawancara degan anak binaan, Observasi lapangan dengan melihat sarana dan prasarana panti, berupa kantor, kamar, musholah, dapur, aula, tempat makan, dan toilet.

Harapan siswa dalam kunjungan ini adalah, siswa mendapatkan pengalaman langsung, karena proses pembelajaran di dalam kelas berupa teori, akan menumbuhkan pengetahuan siswa dengan melihat pelayanan asuhan anak di dalam panti ujar siswa bernama sarlina.

Dalam sambutan ketua panti bapak Salahuddin kepada siswa, harus ada kedisiplinan dan kemandirian bagi anak binaan, dengan mengajarkan beberapa hal, taat aturan yang wajib dijalankan bersama dan mengajarkan keterampilan menjahit, memasak, membuat kotak tissu dari bahan sederhana, menari, puisi, berceramah, dan lainnya.

Diakhir acara, dilakukan acara makan bersama dan sholat berjamaah bersama anak binaan, pembina panti dan siswa.