Abdul Munir, Ketua Yayasan SMK Lintas Nusantara Barru Sulsel

Sebanyak 27 siswa SMK Pelayaran Lintas Nusantara Barru Sulsel telah bersiap diri untuk mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2019. Ke 27 siswa tersebut berasal dari dua program keahlian yang di kelola sekolah yakni jurusan Nautika Kapal Niaga dan jurusan Teknik Kapal Niaga.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Yayasan SMK Pelayaran Lintas Nusantara Barru, Abdul Munir saat ditemui di gedung SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar, Jumat (15/3/2019).

Pengawas SMK saat memantau jalannya USBN.

Sebelumnya kata Munir, para siswa telah memperoleh berbagai pembekalan kemampuan ilmu pengetahuan akademik berkaitan UNBK seperti simulasi. “Mendekati waktu ujian nanti sekolah pun bakal mengadakan zikir dan doa bersama sebagai wujud kesiapan mental dan rohani siswa lebih fokus menghadapi ujian,” kata Munir.

Munir menambahkan, selain membekali para siswa pihak sekolah pun telah siap menyukseskan gelaran UNBK tahun ini dengan mengadakan berbagai kesiapan infrastruktur berkaitan sarana prasarana saat pelaksanaan UNBK.

Pelaksanaan USBN disekolah.

“Kita menyiapkan 30 perangkat komputer dan 2 server untuk jaringan di tambah ruang lab, ujian siswa nantinya 1 sesi saja setiap pelajaran. Karena itu, kita menargetkan bisa meraih hasil yang baik dan optimis 100 persen kelulusan,” kata Munir.

Profil singkat SMK Pelayaran Lintas Nusantara Barru.

SMK Pelayaran Lintas Nusantara berlokasi dijalan Pramuka Lajulo kelurahan Tuwung Barru dipimpin oleh H. Djabbar Rachim, S.Sos selaku kepala sekolah yang pengelolaannya telah memasuki tahun keempat. Sekolah ini resmi beroperasi sejak 2015 silam berdasarkan SK Izin Operasional : 420/978/DP-TU/2015 dan Tanggal SK Izin Operasional : 2015-07-22. Dan telah meluluskan alumni pertamanya pada 2018 lalu.

Siswa saat melakukan praktek di kapal KM Awu-Awu.

Sekolah ini telah menyandang gelar akreditasi peringkat “B” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah Menengah (SM) Provinsi Sulawesi Selatan. Berdiri di atas lahan seluas 1 hektar dengan mengelola dua program keahlian yaitu Nautika Kapal Niaga dan Teknik Kapal Niaga.

SMK Pelayaran Lintas Nusantara Barru telah banyak membuat MOU kerjasama dengan lembaga pendidikan pelayaran milik pemerintah dan beberapa perusahaan pelayaran niaga swasta dalam rangka penggunaan sarana prasarana praktek serta mendukung program prakerin siswa.

Rusli Rifar