Makassar – SULSELNEWS.COM,- Salam Pramuka, Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya,

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi-Selatan cq Dewan Kerja Daerah melaksanakan kegiatan “Talkscout temu dewan kerja tingkat daerah” Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom meeting. (Kamis 15/09/21)

Kegiatan ini diikuti oleh kwartir cabang gerakan pramuka Se-Sulawesi Selatan. Kegiatan ini menghadirkan 3 Pemateri Utama, yang pertama Bapak Adnan Purichta Ichsan (Bupati Gowa / Waka Kwarda / Ketua Kwarcab Gowa) beliau membawakan Materi tentang Kepemimpinan. Dimana setiap anggota Pramuka harus sejak dini di tanamkan tentang bagaimana menjadi seorang Pemimpin.

Kepemimpinan secara umum adalah sebuah kemampuan yang terdapat di dalam diri seseorang untuk bisa mempengaruhi orang lain atau memandu pihak tertentu untuk mencapai tujuan bersama.

Di era ini, pemimpin yang diperlukan adalah pemimpin yang mampu memberikan visi dan juga misi (idealized influence); mampu mengkomunikasikan harapan (inspirational motivation); mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (intellectual stimulation); memberikan perhatian pribadi kepada masyarakat (individualized consideration).

Dalam memimpin sesuatu baik itu individu ataupun kelompok diperlukan kemampuan, komitmen, dan konsistensi kata beliau.

Kemudian pemateri kedua Kak Indah Putri Indriani (Bupati Luwu Utara / Ketua Kwarcab Luwu Utara) Membawakan materi tentang “Perempuan berdaya Indonesia Maju” dan Materi ketiga dibawakan oleh Kak Vildy Zulhiz Maretha Dewi (Sekretaris Dewan Kerja Nasional) dengan Materi Dewan Kerja Nahkoda Perubahan. Kegiatan ini d hadiri sekitar kurang lebih 1.000 peserta.

Andi Ainun Khadijah sebagai wakil ketua dewan kerja ranting panakkukang mengungkapkan, kegiatan talkscout temu dewan kerja tingkat sulawesi selatan ini bukan hanya mempererat tali silaturahmi antar dewan kerja, namun juga menambah wawasan dan membuka pikiran kita dalam menghadapi rintangan/masalah yang ada bukan hanya di lingkup pramuka tapi juga di kehidupan bermasyarakat.**

Reporter Usman MOI